Karena diam dapat lebih bermakna dari berkata-kata©

Tulisan terbaru

Rabu, Juni 29, 2011

Peringatan Isra' Mi'raj


Hari ini, 29 Juni 2011 bertepatan dengan 27 Rajab 1432 Hijriah. Hari ini kta yang muslim mem-peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Hmm.. Jadi ingat peringatan Isra’ Mi’raj tahun lalu.

Tahun lalu aku KKN. Peringatan Isra’ Mi’raj masuk dalam program kerja kami. Sebenarnya kami gak bantu apa-apa. Cuma numpang nongol doang.. Haha.. Tapi itu bisa diakali dengan memasukkannya ke dalam program kerja yang berhubungan dengan sosialisasi dengan masyarakat.



Di bawah ini aku tunjukkan foto-foto kami waktu menghadiri peringatan Isra’ Mi’raj.



Foto-foto ini diambil pada peringatan Isra’ Mi’raj di dekat lokasi KKN kami. Sebenarnya masjid ini terletak di keluraha lain, yaitu Kelurahan Sidomulyo, tetapi karena letaknya yang lebih dekat dengan rumah warga Kelurahan Sidodamai, masjid ini dipakai oleh kebanyakan warga Kelurahan Sidodamai.











Setelah acara selesai, kami semua ngumpul di samping Kantor Kelurahan. Kami makan bareng di bawah tenda, makanan yang dibawa dari acara Isra’ Mi’raj itu.

Senin, Juni 27, 2011

KKN 37


Sebentar lagi pelaksanaan KKN angkatan 37. Jadi tambah kangen sama teman-teman KKN di Poska Samarinda 37. Kenangannya gak mungkin dilupakan (kecuali kalo aku amnesia. Haha..).

Aku pengen sedikit melakukan kilas balik tentang apa yang terjadi kira-kira setahun yang lalu. KKN-ku lumayan memberikan suasana yang menyegarkan di otakku.

Sebelum KKN, ada kejadian yang bikin aku agak shock.
Di bawah ini saya ceritakan sedikit kejadian waktu itu…


Ini foto yang aku pakai untuk daftar KKN

Kira-kira seminggu setelah dapat lokasi, aku kehilangan hp. Bukan cuma hp, tapi juga semua uang di dalam dompetku raib diembat maling.

Kejadian kemalingan itu berlangsung cukup cepat. Mungkin ini juga akibat kecerobohanku meletakkan dompet dan hp di dekat jendela yang terbuka. Total kerugian materil kira-kira senilai Rp. 600.000,-. Kalo kerugian imateril mungkin milyaran rupiah kali..

Kata Ateng, aku ikut-ikutan dia yang mengalami kerugian karena tertipu. Kampret..!! Mana ada orang yang pengen rugi. Waktu itu Ateng ditipu, kerugiannya mencapai Rp. 1 juta.

Beberap hari setelah ketemu sama teman-teman KKN-ku, kami berencana untuk mengunjungi kelurahan lokasi kami KKN. Sebenarnya lokasinya gakk terlalu jauh, masih di dalam kota Samarinda juga. Aku gak tau tempatnya, makanya aku ngerasa penting banget untuk ikut ke lokasi itu. Tapi waktu itu aku gak bisa ikut karena ada ujian mata kuliah Matematika Fuzzy. Memang waktu itu kami masih dalam minggu-minggu ujian semester. Aku benar-benar kecewa, karena waktu itu aku excited banget kalo menyangkut masalah KKN. Maklum aja, tiga tahun kuliah memang bikin bosan setengah mampus.

Kejadian gak ikut ke lokasi memang bikin kecewa, tapi ada yang bikin lebih kesal. Ternyata, ujian Matematika Fuzzy itu ditunda beberapa hari kemudian. Gimana gak kesal, tuh.

Ada sedikit keuntungan kalo ujian ditunda. Kita punya waktu tambahan untuk belajar. Untuk mempersiapkan ujian Matematika Fuzzy, kami belajar bersama. Di bawah ini aku tunjukkan foto-fotonya.


Belajar sampai lewat tengah malam

Belajar Matematika Fuzzy ternyata membawa korban. Tampak korban Matematika Fuzzy sedang di-doakan (yang baca doa tetap belajar Matematika Fuzzy)

Karena bosan, kami jalan keluar buat cari minuman. Nongkrong di depan Univ. Widyagama.


Belajar Matematika Fuzzy memang diperlukan cukup pengorbanan. Kami belajar sampai jam3 pagi.

O, iya. Ada satu lagi kejadian yg cukup bikin shock. You know what..? Nilai Matematika Fuzzy gak keluar… SAMPE SEKARANG….!!!

Jumat, Juni 24, 2011

Timeline Bioteknologi


1977:
Zaman bioteknologi tiba dengan "somatostatin" - hormon pertumbuhan manusia-releasing faktor penghambat, protein manusia pertama diproduksi dalam bakteri oleh Genentech, Inc A gen, sintetis rekombinan digunakan untuk klon protein untuk pertama kalinya.

1978:
Genentech, Inc dan The City of Hope National Medical Center mengumumkan keberhasilan laboratorium produksi insulin manusia menggunakan teknologi DNA rekombinan. Hutchinson dan Edgell menunjukkan adalah mungkin untuk memperkenalkan mutasi spesifik di situs tertentu dalam sebuah molekul DNA.

1979:
Sir Walter Bodmer menunjukkan cara menggunakan teknologi DNA untuk menemukan penanda gen untuk muncul penyakit genetik spesifik dan operator mereka. John Baxter laporan kloning gen hormon pertumbuhan manusia.


1980:

Model prokariot, E. coli, digunakan untuk memproduksi insulin dan obat-obatan lainnya, dalam bentuk manusia. Para peneliti berhasil memperkenalkan gen manusia - yang kode untuk protein interferon-ke dalam bakteri. Paten AS untuk kloning gen diberikan untuk Cohen dan Boyer.

1981:
Para ilmuwan di Ohio University menghasilkan binatang transgenik pertama dengan mentransfer gen dari hewan lain ke tikus. Mesin-mesin gen-sintesis pertama dikembangkan. Para ilmuwan Cina berhasil mengkloning ikan mas emas.

1982:
Genentech, Inc menerima persetujuan dari Administrasi Makanan dan Obat ke pasar insulin manusia rekayasa genetika. Terapan Biosystems, Inc memperkenalkan gas sequencer tahap protein pertama komersial.

1983:
Reaksi berantai polimerase ini ditemukan oleh Kary B Mullis. Kromosom buatan pertama adalah disintesis, dan tanda-tanda genetik pertama khusus untuk penyakit warisan ditemukan.

1984:
Chiron Corp mengumumkan kloning pertama dan urutan dari seluruh manusia immunodeficiency virus (HIV) genom. Alec Jeffreys memperkenalkan teknik untuk DNA fingerprinting untuk mengidentifikasi individu. Vaksin rekayasa genetika pertama kali dikembangkan.

1985:
Cetus Corporation mengembangkan polymerase chain reaction GeneAmp (PCR) teknologi, yang dapat menghasilkan miliaran salinan dari urutan gen ditargetkan dalam jam saja. Para ilmuwan menemukan penanda gen cystic fibrosis pada kromosom nomor 7.

1986:
Vaksin manusia pertama rekayasa genetika - Chiron's Recombivax HB - telah disetujui untuk pencegahan hepatitis B. Satu resimen ilmuwan dan teknisi di Caltech dan Terapan Biosystems, Inc menemukan DNA sequencer fluoresensi otomatis.

1987:
Tes outdoor pertama pada rekayasa genetika bakteri yang diperbolehkan. Menghambat pembentukan embun beku pada tanaman. jaringan plasminogen Genentech's activator (TPA), dijual sebagai Activase, disetujui sebagai pengobatan untuk serangan jantung.

1988:
Harvard genetika molekular Philip Leder dan Timotius Stewart dianugerahi paten pertama untuk hewan diubah secara genetik, mouse yang sangat rentan terhadap kanker payudara

1989:
UC Davis ilmuwan mengembangkan vaksin rekombinan terhadap virus mematikan rinderpest. Proyek genom manusia sudah diatur, sebuah kolaborasi antara ilmuwan dari negara di seluruh dunia untuk bekerja keluar seluruh kode genetik manusia


1990:
Terapi gen pertama terjadi, pada seorang gadis empat tahun dengan gangguan kekebalan tubuh-sistem yang disebut ADA kekurangan. Proyek genom manusia secara resmi diluncurkan.

1991:
Mary-Claire King, dari University of California, Berkeley, menemukan bukti bahwa gen pada kromosom 17 menyebabkan bentuk warisan kanker payudara dan juga meningkatkan risiko kanker ovarium. Tracey domba transgenik pertama adalah lahir.

1992:
Yang xenotransplant hati pertama dari satu jenis hewan yang lain dilakukan dengan sukses. Chiron's Proleukin telah disetujui untuk pengobatan kanker sel ginjal.

1993:
FDA menyatakan bahwa makanan rekayasa genetik yang "tidak inheren berbahaya" dan tidak memerlukan peraturan khusus. Chiron's Betaseron disetujui sebagai pengobatan pertama untuk multiple sclerosis dalam 20 tahun.

1994:
Yang pertama makanan rekayasa genetika produk, Flavr Savr tomat, mendapatkan persetujuan FDA. Gen kanker payudara yang pertama ditemukan. Genentech's Nutropin telah disetujui untuk pengobatan kekurangan hormon pertumbuhan.

1995:
Para peneliti di Duke University Medical Center transplantasi hati dari babi secara genetik berubah menjadi babon, membuktikan bahwa operasi lintas-spesies yang mungkin. The bakteri Haemophilus influenzae adalah organisme hidup pertama di dunia yang memiliki seluruh genome sequencing.

1996:
Biogen's Avonex telah disetujui untuk pengobatan multiple sclerosis. Penemuan gen yang berhubungan dengan penyakit Parkinson memberikan jalan baru penting dari penelitian penyebab dan pengobatan potensi penyakit neurologis melemahkan.

1997:
Para peneliti di Skotlandia laporan Institut Roslin bahwa mereka berhasil mengkloning seekor domba - bernama Dolly - dari sel dari domba dewasa. FDA menyetujui Rituxan, terapi antibodi berbasis pertama untuk kanker.

1998:
Genom hewan pertama menyelesaikan cacing C.elegans Sekuensing. James Thomson di Wisconsin dan John Gearhart di Baltimore masing-masing mengembangkan sebuah teknik untuk kultur embryonic stem cells.

1999:
Sebuah tes diagnostik baru medis akan untuk pertama kalinya memungkinkan identifikasi cepat BSE / CJD bentuk yang jarang tetapi menghancurkan penyakit neurologis menular dari ternak ke manusia.

2000:
"Golden Rice," dimodifikasi untuk membuat vitamin A. babi kloning dilahirkan untuk pertama kalinya dalam kerja yang dilakukan oleh Alan Coleman dan timnya di PPL, perusahaan yang berbasis di Edinburgh bertanggung jawab atas domba Dolly.

2001:
Urutan genom manusia diterbitkan di Science dan Alam, sehingga memungkinkan bagi para peneliti di seluruh dunia untuk mulai mengembangkan perawatan berbasis genetik untuk penyakit.

2002:
Peneliti urutan DNA beras, dan merupakan tanaman pertama yang memiliki genom yang diterjemahkan.

2003:
Urutan genom manusia selesai.

Sabtu, Juni 18, 2011

Menulis Itu....


Beberapa hari yang lalu, ada seorang yang ingin dianggap teman oleh saya (bagi saya ia cuma orang yang kebetulan sekelas selama kelas XII SMA, yang sering saya lihat PR-nya) berkomentar di blog saya. Sebut saja namanya Bunga, tapi dia bukan korban pencabulan tukang es lilin yang lagi galau, lho! Bunga berkomentar, mengapa tulisan saya yang berjudul Nonton Lumba-lumba sangat pendek. Saya jawab aja, kalau tidak ada aturan yang mewajibkan blogger ganteng seperti saya untuk menulis cerita panjang di blognya.


Komentar Bunga yang bukan korban pencabulan tukan es lilin yang lagi galau itu membuat saya berpikir. Saya mencoba mengingat, mengapa saya menulis di blog. Sedetik, semenit, sejam, sehari, semalam, sehari-semalam, seminggu, setahun… Eh, gak selama itu deh..! Saya langsung ingat kalau saya menulis di blog karena saya ingin berbagi pengalaman saya. Tidak peduli pengalaman itu menarik atau tidak, bermanfaat atau tidak. Saya hanya mau berbagi. Seperti salah satu kicauan saya di twitter beberapa bulan lalu (saking dikitnya nge-twit, twit beberapa bulan lalu saja masih ingat), “Aku senang berkicau di twitter, walau pun pengikutku sedikit.” Saya hanya senang menjadi penulis. Mungkin juga karena saya berharap s0iapa tahu beberapa tahun lagi blog ini bisa jadi buku dan saya bisa jadi selebritis.

Rabu, Juni 15, 2011

Menuju Rumahku


Bagi yang mau berkunjung ke rumahku, silahkan ikuti peta ini..









Peta ini diambil dari GoogleEarth, yg foto satelitnya diambil pada tahun 2002. Kemungkinan gedung-gedungnya udah beda..

Rabu, Juni 08, 2011

Perpisahan PPL


Akhirnya, selama kira-kira tiga bulan PPL di SMA Negeri 4 Samarinda, kegiatan kami selesai juga. Selesainyakegiatan PPL kami ini ditutup dengan acara penutupan/perpisahan sederhana yang diadakan tadi pagi.

Meskipun masih ada beberapa kekurangan, tapi seara umum acara tadi berjalan lancar. Hujan gerimis pagi hari sedikit menghambat, tapi tidak terlalu memberikan pengaruh. Persiapan yang kurang matang juga tidak menghambat. Kami lupa membuat surat undangan atau juga memberikan pengumuman kepada guru-guru dan staf tata usaha di SMA Negeri 4, jadi banyak guru yang tidak hadir.

Setelah acara selesai, kami diajak oleh wakil kepala sekolah untuk karaoke-an. Seru dah pokoknya. Tapi sayang, aku lupa ambil foto waktu kami nyanyi-nyanyi adi. Nanti kalau ada, aku masukkan di sini deh.
Sewaktu pulang ada sedikit insiden. Helm salah satu teman kami (sebut saja bunga, bukan korban pemerkosaan) raib entah ke mana. Dia sendiri yang agak lalai, karen helmnya gak dikaitkan di jok motor.

Setelah semua kegiatan itu, sekarang yang ada tinggal lelahnya. Sesampai di rumah, aku langsung tertidur. Begitu bangun (Persisam vs Persipura, babak pertama 1-1), bahu dan dada terasa sakit. Mungkin ini akibat beberapa hari begadang, ditambah lagi tadi kedinginan di ruang ber-AC (ndeso…..).

Rabu, Juni 01, 2011

Selamat Datang Bulan Juni


Cuma mau nulis, tentang pergantian bulan dan mengucapkan selamat datang di bulan Juni.

Pergantian waktu mengingatkan kita tentang perkembangan diri kita (aku gak berkembang). Harus sering-sering introspeksi, nih…